Amalan Hati!!!

Qolbu atau hati bisa kita ibaratkan raja, sedangkan anggota tubuh adalah prajuritnya. Bila rajanya baik, maka prajuritnya juga akan menjadi baik. Bergitupun sebaliknya jika rajanya buruk, maka prajuritnya juga akan menjadi buruk. Bisa dikatakan bahwa pahala amalan hati lebih bersar daripada amalan badan. Oleh karena itu kita dapati dosa kufur dan kemunafikan lebih besar.

Hati adalah standar kebaikan amalan badan. Baiknya hati akan berpernaruh pada baiknya amalan badan dan butuknya hati akan berpengaruh pada butuknya amalan badan.

Jenis Hati Manusia

  1. Hati yang bersih, sehat dan selamat

Hati manusia yang seperti ini adalah milik orang-orang yang beriman. Ia memiliki hati yang terbebas dari penyakit, iri, dengki, hasad, riya’, dll. Hanya orang yang berhati bersih lah yang dijamin keselamatannya kelak dihadapan Allah Swt.

  1. Hati yang sakit atau berpenyakit

Hati ini adalh hati orang yang munafik. Orang yang pernyataan lisan tidak sesuai dengan kenyataan. Orang yang hanya mencari keuntungan dan keselamatan pribadi tanpa perduli benar atau salah.

  1. Hati yang tertutup

Hati yang seperti ini adalah hati orang yang kafir atau orang yang tidak beriman kepada rukun iman. Para ulama mensifati hati ini dengan ungkapan tidak mengenal kebenaran.

Amalan badan masuk dalam iman

Meskipun amalan hati memiliki kedudukan lebih tinggi dari amalan badan, namun bukan berarti kita anggap remeh pengaruh daripada amalan badan. Karena amalan badan seseorang adalah bukti bersihnya hati dan sempurnanya iman.

Amalan badan masuk dalam cakupan iman. Karena iman adalah keyakinan dalam hati, yang diikrarkan melalui lisan, lalu diamalkan oleh anggota badan. Iman semakin bertambah karena amal ketaatan sedangkan iman semakin berkurang karena perbuatan maksiat.

Demikian dari artikel kami, semoga bermanfaat bagi pembaca dan jangan lupa sharenya. Agar saudara-saudara kita mengetahui dan mengerti dari “Amalan Hati”. terimah kasih

Leave a Reply