CARA MENGENDALIKAN EMOSI MENURUT ISLAM

Mari kita bahas tentang bagaimana mengendalikan emosi atau amarah dalam syariat islam. Emosi atau amarah merupakan salah sastu senjata andalan iblis dan para pasukannya untuk menjadikan umat manusia khususnya umat Islam saling bermusuhan. Dan jika hal itu terjadi, maka misi Islam untuk menciptakan kedamaian di dunia akan sulit terwujud dan hanya akan jadi angan-angan belaka.

Oleh karena itu Rasulallah SAW selalu mewanti-wanti umatnya agar selalu menjaga diri dari perangkap amarah tersebut. Bahkan beliau menyebutkan bahwa orang yang tidak mudah marah adalah sebaik-baik orang.

Dalam segala sesuatu keburukan pasti mengandung cara agar kita bisa menghindarinya. Begitu pula dlam hal marah. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika emosi atau marah mulai menghampiri diri Anda :

  1. Perbanyaklah membaca ta’awudz

Marah merupakan salah satu perangkap syetan. Maka alangkah tepatnya jika marah mulai menghampiri kita, kita langsung membaca ta’awudz yang mana memiliki arti memohon perlindungan kepada Allah dari godaan dan gangguan syetan yang terkutuk.

Dengan memperbanyak membaca ta’awudz ketika sedang marah, kemungkinan besar kita tidak jadi utuk meluapkan kemaraha kita dan marah tersebut akan langsung hilang dari diri kita.

  1. Segera mengambil air wudhu

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa marah itu berasal dari syetan dan syetan itu tercipta dari apa dan api itu akan padam dengan air. Dengan kata lain padamkanlah api kemarahan itu dnegan kesucian air wudhu dan isyaAllah akan langsung hilang amarah kita.

  1. Diam dan jangan sampai mengeluarkan sepatah katapun

Sebagaimana sabda Rosulallah SAW dalam salah satu hadistnya yang artinya “jika salah satu dari kalian marah, maka diamlah” (HR AHMAD)

  1. Merubah posisi dari kita

Maksud dari hal ini yaitu jikan anda berada dalam keadaan berdiri ketika sedang marah, maka rubahlah posisi Anda menjadi duduk. Sebagaimana yang disabdakan Rosulallah yang artinya “jika salah satu dari kalian marah dan dia dalam keadaan berdiri maka duduklah, karena dengan melakukan hal itu marahnya akan hilang. Dan jika belum hilang, maka hendaknya dia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

  1. Perbanyak puasa sunnah

Salah satu manfaat puasa sunnah adalah bisa mengendalikan hawa nafsu yang ada dalam diri kita. Dan marah merupakan salah satu bagian dari hawa nafsu tersebut. Sehingga secara otomatis, dengan memberbanyak berpuasa sunnah maka kita akan mudah mengendalikan amarah kita.

Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. amien.

Untuk anda yang ingin umroh, bisa cek disini. terima kasih

Leave a Reply