Keutamaan Bulan Sya’ban

Bulan Sya’ban adalah bulan yang dimana semua amal yang kita lakukan diangkat. Tetapi terkadang Bulan Sya’ban sering dilupakan oleh kebanyakan orang karena letaknya diantara bulan Rojab dan bulan Ramadhan.

Pada bulan ini, Allah SWT akan menurunkan kebaikan-kebaikan berupa pertolongan, ampunan dan pembebasan dari api neraka oleh karena itu umat islam dianjurkan untuk banyak berdzikir, meminta ampunan dan pertolongan Allah SWT.

Selain itu Bulan Sya’ban memiliki bulan pertengahan atau 15 Sya’ban yang sering disebut dengan Nishfu Sya’ban. Kebanyakan kaum muslimin meyakini bahwa pada malam itu malaikat pencatat amalan akan menyerahkan buku pencatatan amal-amal manusia kepada Allah SWT dan di malam itu pula buku catatan amal akan digantikan dengan buku catatan yang baru setiap tahunnya.

Pada malam ke-13 Sya’ban Allah SWT akan memberikan sepertiga syafaat kepada hambanya. Sedangakan pada malam ke-14 seluruh syafaat itu diberikan secara penuh. Dengan demikian, pada malam ke-15 bulan Sya’ban umat islam dapat memiliki banyak sekali kebaikan sebagai penutup catatan amalannya selama satu tahun. Karena pada malam ke-5 bulan Sya’ban catatan-catatan amalan manusia akan dinaikkan ke hadapan  Allah SWT (Imam Ghazali)

Para ulama mengatakan bahwa Nishfu Sya’ban juga dinamakan sebagai malam pengapunan. Karena pada malam itu Allah SWT akan menurunkan banyak pengampunan kepada penduduk di bumi terutama hamba-Nya yang taat.

Dengan demikian kita seharusnya tidak melupakan Bulan Sya’ban begitu saja karena bulan Sya’ban adalah bulan yang sangat mulia dan sesungguhnya bulan sya’ban adalah bulan persiapan untuk memasuki bulan Ramadhan. Sekian artikel kami semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply