Lain Dimulut Lain Dihati !!!

Munafik adalah orang yang memiliki sifat menampakkan yang baik dan menyembunyikan yang buruk. Sifat tersebut sangat dibenci oleh Allah SWT sehingga orang munafik diancam oleh-Nya dengan siksaan yang amat pedih di neraka yang paling dalam. Allah memberikan ancaman seperti itu karena sifat tersebut sangat berbahaya dan sangat dibenci oleh semua orang. Orang munafik sangat berbahaya karena sangat pandai menyembunyikan kebenaran.

Dalam sejarah islam, keahlian orang munafik telah membuat Nabi Muhammad SAW dan pasukan muslimin menderita kekalahan di perang uhud karena sebagian tentara islam membela musuh.

Bagaimana perasaanmu jika dikhianati oleh orang lain? Pasti kamu sedih, kecewa, atau juga bisa marah. Oleh karena itu kita harus mengetahui ciri-ciri orang munafik :

  1. Jika berbicara ia berdusta
  2. Jika berjanji ia mengingkari
  3. Jika dipercaya ia khianat

Sedangkan akibat dari sifat menampakkan yang baik dan menyebunyikan yang buruk antara lain:

  1. Sangat merugikan orang lain baik secara moril maupun materiil
  2. Sangat merugikan diri sendiri, ia tidak akan dipercaya lagi oleh orang lain karena kebiasaan berbohong, berkhianat, dan ingkat janji.
  3. Merusak kehidupan masyarakat karena setiap individu curiga kepada individu lain.
  4. Dapat memasukkan pelakunya ke dalam neraka yang paling dalam.

Dengan kita mengetahui bahaya dari sifat tersebut maka sudah sepantasnya kita menghindari sifat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Menghindari perilaku munafik

Menghindari perilaku munafik di lingkungan rumah misalnya :

  1. Jika kita mendapatkan kepercyaan dari anggota keluarga, kita harus menjaga kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya.
  2. Berkata yang jujur, jangan sekali-kali berbohong karena sekali berbohong kita akan terus berbohong untuk menutupi kebohongan yang telah kita lakukan.

Menghindari perilaku munafik di lingkungan sekolah misalnya :

  1. Jika di rumah kita harus berkata jujur maka di sekolah pun kita harus berkata jujur pula.
  2. Jika kita sudah memiliki janji kepada guru, teman atau sahabat maka harus ditepati karena sekali tidak menepati janji maka selamanya tidak akan dipercaya lagi.

Menghindari perilaku munafik di lingkungan masyarakat misalnya :

  1. Harus berhati-hati bila berkata dengan orang lain, jangan sampai berdusta.
  2. Harus menepati janji apabila memiliki janji dengan orang lain

Dengan demikian kita harus menghindari perilaku munafik saat menjalin hubungan dengan orang lain di tengah masyarakat. Dengan menjauhi perilaku munafik, maka hubungan silaturrahmi bersama masyarakat akan terjalin dan kita terhindar dari salah faham yang bisa menyebabkan hubungan menjadi terganggu. Semoga kita semua terhindar dari sifat munafik Amiin…

Leave a Reply