Tips Menghadapi Cuaca Panas di Tanah Suci

Seperti yang kita ketahui setiap wilayah mempunyai iklim yang berbeda-beda dan pastinya iklim di tanah suci berbeda dengan tanah air. Di tanah suci mempunyai 2 musim (iklim) yaitu musim dingin dan musim panas, perbedaannya jika musim panas di daerah Mekkah sangatlah panas jika dibandingkan dengan negara kita, dan pada waktu musim dingin sengatlah dingin jika di bandingkan negara kita.

tips-menghadapi-cuaca-panas-di-tanah-suci

 

Suhu udara pada waktu musim panas di Mekkah mencapai 40 derajat celcius terkadang mencapai suhu 50 derajat. Jadi kita banyangkan betapa panasnya cuaca disana. Sehingga para calon jamaah harus mewaspadai akan cuaca panas teriknya dikota Mekkah. Tantangan akan lebih berat di Mekkah karena masa tinggal yang lebih lama, masalah kebersihan dan udara.

Dalam kesempatan ini kami akan memberikan masukan kepada calon jamaah haji atau umroh agar dapat beradaptasi dan tidak sakit di kota tanah suci.

  1. Yang pertama siapkan dahulu adalah obat-obatan yang anda perlukan. Seperti obat flue dan batuk, pelembap wajah, tubuh, dan bibir, dan sebagainya.
  2. Perbanyaklah minum meskipun tidak haus. Disini untuk mengatasi terjadinya serangan cuaca panas dan dehidrasi yang akan menyebabkan kelelahan. Gejala yang perlu diwaspadai antara lain kulit menjadi dingin, keringat mengucur deras, pusing, dan sakit kepala. Oleh karena itu minumlah sebanyak-banyaknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Makan pada waktunya, lapar tidak lapar harus makan. Disini orang sering menganggap remeh masalah makanan, padahal di cuaca yang ekstrim tubuh kita memerlukan tenaga yang maksimal. Oleh karena itu makanlah pada waktunya, sebagai antisipasi ketika tenaga habis.
  4. Istirahat cukup supaya imunitas (daya tahan tubuh) kita tinggi. Istirahat yang cukup untuk mengembalikan tenaga tubuh kita menjadi optimal kembali.
  5. Melakukan pola hidup bersih dan sehat. Tetap jaga kebersihan seperti yang kita ketahui bersih itu sehat.
  6. Menggunakan masker setiap keluar dari pemondokan dan dibasahi dengan air biar udaranya sejuk.
  7. Menggunakan payung jika panas menyengat
  8. Membasasi wajah menggunakan handuk basah atau semprotan air

Leave a Reply